Saturday, February 19, 2011

Atasi Penyakit ASAM URAT

Atasi Penyakit ASAM URAT
ASAL USUL ASAM URAT

Saat ngebis ke semarang, saya nguping diskusi tetangga yang begitu seru. Bak seorang ahli memberi petuah pada muridnya. Mereka membicarakan soal asam urat. Beberapa yang bisa kutip : “Asam urat tuh sebenarnya bermula dari adanya sumbatan pembuluh darah. Lama-kelamaan sumbatan itu menjadi keras, makanya disebut urat, ya..membentuk seperti urat. Sumbatan tu juga menjadikan keadaan disana menjadi asam makanya disebut asam urat“. Begitu kata bapak yang bicara begitu semangat. Pembicaraan terus berlanjut. Tapi dalam benakku, apa teori udah berubah?? Mungkin gara-gara saya dah lama ga buka buku kali ya… Tadinya mau ku konfirmasi, tapi gara-gara takut dikemplangi, dan di cap anak sok tau. Saya diem aja dan membiarkan ia terus berkoar. Oleh karena itu, saya bertekat, khusus menulis artikel bertema Asam Urat untuk bulan ini.

Asam Urat adalah Hasil Katabolisme Purin
kristal urat
Apa sih maksudnya? Asam urat (uric acid-dalam bahasa Inggris) adalah hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) purin. Purin adalah salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA. Yang termasuk kelompok purin adalah Adenosin dan Guanosin. Saat DNA dihancurkan, purin pun akan dikatabolisme. Hasil buangannya berupa Asam urat. (1)
Purin termasuk komponen non-esensial bagi tubuh, artinya purin dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Apabila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin, maka purin tersebut akan langsung dikatabolisme oleh usus.(1) Urat (bentuk ion dari asam urat), hanya dihasilkan oleh jaringan tubuh yang mengandung xantin oxidase, yaitu terutama di hati dan usus. Produksi urat bervariasi tergantung konsumsi makanan mengandung purin, kecepatan pembentukan, biosintesis dan penghancuran purin di tubuh. Normalnya, 2/3 -3/4 urat di ekskresi (dibuang-red) oleh ginjal melalui urin. Sisanya memlalui saluran cerna.(2) Berarti semakin banyak makanan yang mengandung tinggi purin di konsumsi makan makin tinggi kadar asam urat yang diserap.

Sifat Kimia Asam Urat
Proses metabolisme purin
DNA secara skematis
Asam urat merupakan asam lemah dengan pKa 5,75. Urat cenderung berada di cairan plasma ekstraselular dan cairan synovial (cairan sendi-red). Sekitar 98% urat membentuk monosodium urat pada pH 7.4. Monosodium urat mudah disaring dari plasma.(2)
Plasma terlarut monosodium urat pada konsentrasi 6,8 mg/dl pada 37oC. Pada kadar asam urat yang lebih tinggi, plasma menjadi jenuh dan potensial mengendap membentuk kristal urat. Akan tetapi, kadang-kadang pengendapan ini tidak terjadi meskipun kadar asam urat tinggi, hal ini kemungkinan karena adanya suatu zat pelarut dalam plasma.(2)
Asam urat lebih larut di urin daripada di air biasa, ini karena adanya urea, protein dan mukopolisakarida di urin. pH urin sangat berpengaruh pada kelarutannya. Pada pH 5.0, urine mampu melarutkan asam urat dengan kadar antara 6-15 mg/dl. Pada pH 7.0, kelarutannya meningkat, bisa melarutkan asam urat antara 158 sampai 200 mg/dl. Bentuk ionisasi urat di urin dapat berupa mono- dan disodium, kalium, ammonium, dan calcium urat.(2)
Kadar urat di darah tergantung usia dan jenis kelamin. Umunya, anak-anak memiliki kadar asam urat antara 3,0-4,0 mg/dl. Kadar ini akan meningkat dengan bertambahnya usia dan menurun saat menopause. Rata-rata kadar asam urat pada laki-laki dewasa dan wanita premenopause sekitar 6.8 dan 6,0 mg/dl. Kadar asam urat pada orang dewasa cenderung meningkat dengan bertambahnya usia, berat badan, tekanan darah, konsumsi alcohol dan gangguan fungsi ginjal. (2)
Asam urat atau yang sering identik dengan rematik / encok merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri pada tulang , sendi , otot , dan jaringan sekitar sendi .

PENYEBAB

1. Penyakit ini banyak ragam penyebabnya, diantaranya : Kurang tidur sehingga terjadi penumpukan asam laktat ,
2. Penggunaan sendi yang berlebihan yang menyebabkan terjadinya peradangan atau peradangan oleh sebab lain karena terlalu banyak berjalan , turun naik tangga, sering jongkok berdiri, atau sebab lain yang menyebabkan kelebihan asam urat pada jaringan atau persendian.
Asam urat merupakan kristal putih yang tidak berbau dan berasa , yang dihasilkan oleh proses metabolisme utama , yaitu suatu proses kimia dalam inti sel yang berfungsi menunjang kelangsungan hidup .
Proses dimulai dari makanan yang berupa karbohidrat , protein , dan selulosa ( serat ) dengan melalui proses kimia dalam tubuh untuk diubah menjadi tenaga ( energi ) dan bahan-bahan kimia lain yang dibutuhkan tubuh . Bila terjadi penyimpangan dalam proses metabolisme maka akan menyebabkan terjadinya kelebihan dan penumpukan asam urat .
Kelebihan asam urat dalam darah akan menyebabkan pengkristalan pada persendian dan pembuluh kapiler darah terutama yang dekat dengan persendian dan akibatnya apabila pensendian digerakkan akan terjadi pergesekan antar kristal-kristal tersebut sehingga menimbulkan rasa nyeri . Penumpukan asam urat yang kronis pada persendian menyebabkan cairan getah bening yang berfungsi sebagai pelumas ( lubrikan ) sendi menjadi tidak berfungsi dan akibatnya persendian tidak dapat digerakkan . Demikian juga bila kristal asam urat mengendap pada pembuluh kapiler darah , bila kita bergerak , kristal-kristal asam urat akan tertekan ke dinding pembuluh darah kapiler sehingga ujung kristal yang runcing akan menusuk ke dinding pembuluh darah kapiler yang menimbulkan efek nyeri.
Faktor Penyebab Asam Urat :
1. Faktor dari dalam

Terjadinya proses penyimpangan metabolisme yang umumnya berkaitan dengan faktor usia , dimana usia diatas 40 tahun atau manula beresiko besar terkena asam urat .
2. Faktor dari luar
Berupa makanan dan minuman yang dapat merangsang pembentukan asam urat seperti makanan yang mempunyai kadar karbohidrat dan protein tinggi seperti :
# kacang-kacangan
# emping
# melinjo
# daging (terutama jeroan)
# ikan
# coklat
# minuman yang mengandung kafein seperti kopi,teh,minuman ringan cola .

NYERI ASAM URAT JANGAN DIPIJAT

Hati-hati jika Anda merasa pegal-pegal di sekujur badan, apalagi jika pegal-pegal itu diikuti dengan nyeri di persendian. Jika Anda merasa pegal dan nyeri, maka bisa jadi Anda terkena asam urat. Asal tahu saja, asam urat terjadi karena ginjal tidak mampu mengatur kadar asam di tubuh sehingga menimbulkan rasa pegal dan nyeri di persendian. "Rasa pegal atau nyeri ini bisa hilang sendiri. Tapi, kalau parah, harus ke dokter," kata Erin Destrini, dokter dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC).

Asam urat tergolong parah jika sudah terjadi pembengkakan pada daerah persendian. Pembengkakan ini biasanya dibarengi dengan iritasi sehingga tubuh memerah. Erin bilang, penderita asam urat tidak disarankan untuk pijat. Pasalnya, pijatan pada sendi yang mengalami pembengkakan bukannya meredakan keluhan nyeri, melainkan malah membuatnya semakin menjadi. la pun menyarankan agar penderita melakukan pengobatan sehingga kadar asam bisa kembali normal. Kadar asam urat yang normal pada pria adalah 3,5-7 miligram per desiliter (mg/dl) dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl.

-----------------------------------------
JAMU ASAM URAT & ROMATIK

HARGA PROMOSI BELI 2 BOX Rp 220.000,- BONUS 1BOX & GRATIS ONGKOS KIRIM

AWAS BARANG TIRUAN

KETERANGAN ANTANAN & TCU KAPSUL

jamu herbal antanan ini udah terdaftar di dinas kesehatan, tapi tidak ada izin BPOM nya karena karena ini mengandung 20% bahan obat(kimia) dan 80% herbal.

KOMPOSISI EKSTRAK DARI BAHAN-BAHAN :

1.cetella asiatica 2.glaziosa superbal 3. minosa pudical, 4.phyllanthus urinalialin, 5.sonchus arvesisi.

INDIKASI KEGUNAAN JAMU

1.asam urat, 2.romatik,kaki bengkak bengkak, 3.otot terasa kaku, 4.menurunkan kolesterol, 5.darah tinggi,

6.demam,bronhitis,meriang, 7.stress, mempelancar peredaran darah 8.mentebilkan hormon tubuh,menjaga stamina

ATURAN PAKAI
menjaga kesehatan 1 kali duahari 1kapsul, pecegahan penyakit 2 kali sehari 1kapsul, dan pengobatan penyakit 2 kali sehari 2kapsul
PERHATIAN!!
hindari makanan yang berupa kacang-kacangan, jeroan, labu siam, serta kurangan minum kopi dan merokok.

JAMU ANTANAN PIL PANJANG UMUR TIDAK MEMILIKI NO BPOM KARENA JAMU INI MENGANDUNG UNSUR BAHAN OBAT 20%...... TAPI JAMU ANTANAN INI DI JAMIN KASIATNYA..
MAKA ITU DALAM PEMAKAIAN HARUS DIPERHATIKAN ATURAN PAKAI !!!!
1. UNTUK PENGOBATAN KRONIS MINUM 2X SEHARI 2KAPSUL
2. PENGOBATAN GEJALA/MASIH BELUM KRONIS MINUM 2X SEHARI 1 KAPSUL
3. UNTUK PENCEGAHAN 1X SEHARI 1KAPSUL MAXSIMAL 1BOX ATAU 48KAPSUL
4. UNTUK MENJAGA KESEHATAN MINUM SEKALI 3HARI 1KAPSUL
5. DILARANG MINUM JAMU INI BAGI PENDERITA GANGGUAN GINJAL HATI
6. APA BILA ADA GEJALA SESAH NAPAS, GATAL2, ATAU PUSING SETELAH MENGKOMSUSI BERAPA JAMU INI HARAP DI HENTIKAN KARENA OBAT INI TIDAK COCOK DENGAN ANDA, WALAU KASIATNYA TERHADAP ASAM URAT & ROMATIK ADA.
7. APABILA SUDAH MINUM LEBIH DARI 1BOX,KALAU JUGA TIDAK ADA PERUBAHAN TERHADAP PENYAKIT ASAM URAT, & REMATIK NYA HARAP MIMUM OBAT INI DI HENTIKAN....!!!
8. TIDAK BOLEH MENGKONSUMSI JAMU INI DALAM JUMLAH YANG BESAR/ BELEBIHAN MAXIMAL 20 KOTAK BAGI YANG KRONIS DAN MAXIMAL 10 KOTAK BAGI PENCEGAHAN.
9.
JANGAN MEMINUM JAMU ANTANAN PIL PANJANG UMUR BARANG TIRUAN