Saturday, August 27, 2011

Lilin Aromaterapi

Foto: Corbis


Lilin Aromaterapi, Penghias Ruangan & Pengusir Stres

Foto: Corbis

STRES merupakan salah satu faktor utama yang dapat menurunkan kualitas kehidupan. Bila Anda jeli, produk rumahan pun bisa jadi solusi jitu.

Di zaman yang serbasibuk ini, stres seolah sudah menjadi bagian hidup masyarakat perkotaan. Rutinitas dan tuntutan pekerjaan juga semakin menambah ketegangan. Untuk itu, dibutuhkan sarana relaksasi yang bisa dengan mudah mengusir stres setibanya Anda di rumah.

Ada sebuah cara gampang yang bisa Anda lakukan yakni dengan memajang lilin aromaterapi di setiap ruangan. Tidak seperti lilin biasa yang hanya berfungsi sebagai penerangan, lilin ini mengeluarkan asap atau uap untuk membuat kita rileks ketika menghirupnya.

Lilin aromaterapi merupakan salah satu jenis aromaterapi yang banyak beredar di pasaran. Bentuknya yang beraneka ragam diminati oleh banyak orang, selain manfaat yang dihasilkan. Sebenarnya, aromaterapi bukanlah hal yang baru. Sejak dulu, terapi dengan menggunakan baubauan ini telah banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan yang aman dan nyaman. Terutama oleh bangsa dengan peradaban yang sangat maju pada zaman dahulu, yaitu Mesir, Yunani, dan Romawi kuno.

Pada peradaban ketiga bangsa ini, telah dikenal minyak aroma, kini disebut minyak asiri. Mereka mengambil sendiri sari dari tumbuhan-tumbuhan ini untuk mengobati berbagai penyakit, mulai rasa nyeri, sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga untuk pijat, dan mandi.

Di dunia Barat, pengobatan dengan aromaterapi sudah mendapat tempat di kalangan ilmuwan sejak tahun 1930-an. Berdasarkan penelitian, berbagai minyak aroma dari bunga-bungaan dan kayu-kayuan memang memiliki sifat terapeutis dan psikoterapeutis.

Hasil penelitian para ilmuwan menyebutkan, aromaterapi bermanfaat mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit maupun aroma yang dihirup. Hal tersebut berfungsi meningkatkan aliran darah, mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat anti bakteri, relaksasi, juga mengurangi stres.

Selain itu, di bidang kecantikan, aromaterapi juga mampu menormalkan metabolisme dan pernapasan seluler, meningkatkan vitalitas dan membantu pembakaran produk lemak yang berlebihan, melembapkan dan meningkatkan kandungan oksigen serta menghilangkan racun pada kulit, membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.

Lilin, merupakan salah satu cara menikmati aromaterapi melalui cara menghirup aroma yang terkandung di dalamnya. Karena bentuknya yang unik dan cantik, tidak jarang orang tertarik mengoleksinya dan menjadikannya sebagai dekorasi ruangan. Meskipun begitu, fungsi keduanya tidak dapat dilupakan begitu saja.

Bila stres karena pekerjaan atau kemacetan kembali menerjang, bakar saja lilin tersebut dan hiruplah aromanya secara perlahan. Niscaya, stres Anda pun hilang dalam sekejap. Salah satu produsen lilin aromaterapi yang cukup sukses di Indonesia adalah Kelly Marciano, seorang seniman asal Texas, Amerika Serikat, yang mendirikan usaha kerajinan lilin di Denpasar, Bali.

Seperti lilin lainnya, lilin besutan Kelly juga dibuat dari bahan baku yang ramah lingkungan dan tahan lama jika dibakar, seperti campuran malam, minyak kelapa, dan minyak kedelai. Satu hal yang membuat lilin buatan Kelly ini digemari adalah bentuknya yang manis, tersedia dalam berbagai macam warna, dan tentu saja harga yang murah. "Setiap produk saya jual dengan kisaran harga mulai satu USD1-USD200, tergantung bentuk dan ukurannya," sebut Kelly, dalam situs resminya.

Uniknya, lilin aromaterapi milik Kelly disesuaikan dengan aromanya. Bila Anda menemukan yang berbentuk serupa kelopak bunga mawar, bisa dipastikan aroma mawar yang akan tercium saat lilin tersebut dibakar.

Begitu juga dengan yang berbentuk anggrek, jasmine, serta lavender. Namun bagi mereka yang menyukai bentuk klasik, Kelly pun menyediakan koleksi lilin berbentuk batang panjang, bulat, ataupun kotak yang diletakkan dalam wadah kaca untuk membuatnya semakin cantik.

Menurut Kelly, kebanyakan yang membeli produknya adalah konsumen yang menginginkan terapi dengan cara alami. "Konsumen saya lebih menyukai perawatan alami yang dilakukan di rumah, salah satunya dengan lilin aromaterapi yang dibakar saat mereka mandi atau beristirahat," terangnya.